Usaha Ternak Hamster Untuk Mahasiswa

Kerja cerdas | Kenapa usaha ternak hamster? alasannya yaitu perjuangan ini tidak membutuhkan banyak lahan , itulah kenapa perjuangan ini sangat cocok untuk para mahasiswa.  Selain itu perjuangan ini juga tidak memerlukan banyak modal untuk memulainya , cukup hanya dengan modal sebesar 600 ribu perjuangan mampu pribadi berjalan. Modal awal tersebut digunakan untuk membeli sepasang indukan , sangkar , pakan dan perlengkapan pendukung lainnya , dan perjuangan ternak pun siap untuk dimulai.

Usaha ternak Hamster menguntungkan

Para mahasiswa yang tertarik untuk terjun ke urusan ekonomi ini , mampu memanfaatkan sedikit lahan di kos mereka untuk menempatkan sangkar hamster atau bahkan di dalam kamar mereka , yang terpenting tetap menjaga kebersihan. Untuk perhitungan keuntungan sendiri , ternak hamster masih dapat dibilang sangat menguntungkan. Sepasang indukan yang sehat sangat mudah untuk dikawinkan tanpa harus menerapkan tips atau trik tertentu. Biasanya satu induk hamster sehat mampu melahirkan sampai 8 anak.

Silahkan hitung saja jikalau satu ekor anakan hamster tersebut mampu dijual sekitar 50 ribu rupiah , tentu keuntungan yang didapatkan cukup lumayan dan itu pun gres dari satu pasang indukan saja.
Satu tips biar perjuangan ini sukses , yaitu belilah indukan terbaik meskipun harganya cukup mahal. Namun dengan indukan yang baik anakan yang dihasilkan pun akan baik sehingga harga jualnya pasti lebih mahal. Untuk itu jangan pernah ragu untuk mengalokasikan modal yang cukup besar untuk membeli sepasang indukan.

Setelah semuanya siap , berikut tahapan-tahapan beternak hamster :


1. Masukkan sepasang indukan yang tadi sudah dibeli ke dalam satu sangkar yang cukup luas. Lalu beri pakan kedua indukan tersebut dengan tauge pada pagi dan sore hari. Selain sebagai sumber makanan , tauge juga sebagai sumber air untuk minum si hamster tersebut.

2. Selama masa perkawinan jagalah sangkar biar tetap bersih dan tenang. Bila ganjal sudah terlalu lembap gantilah dengan ganjal yang gres biar tetap kering sehingga hamster tetap merasa nyama di dalam kandang. Lalu hindari terlalu sering memindah-mindahkan sangkar hamster biar hamster merasa hening dan tidak stres.

3. Bila indukan diketahui telah hamil , biasanya ditandai dengan membesarnya perut indukan betina , pisahkan indukan betina dan jantan. Berikan makanan yang cukup biar indukan hamster tidak kelaparan. Tunggu sampai melahirkan dan rawat anakannya sampai mencapai usia siap jual.
Tahapan-tahapan di atas merupakan tahapan yang paling sederhana dalam beternak hamster. Sehingga para mahasiswa diharuskan untuk menambah pengetahuan mereka dari banyak sekali sumber baik buku maupun internet. Yang terpenting setelah membaca artikel ini ketertarikan untuk perjuangan ternak hamster semakin meningkat.

Untuk pemasaran sendiri para mahasiswa mampu memanfaatkan banyak sekali media umum yang ada atau menitipkannya di toko-toko hewan peliharaan. Lakukan pembukuan keuangan biar perjuangan ini tidak merugi , catat baik-baik seluruh pengeluaran biar nantinya mudah untuk menentukan nilai jual anakan hamster.

Selamat mencoba usaha tenak hamster. Usaha ternak inilah yang paling cocok bagi mahasiswa , jikalau dibandingkan usaha-usaha ternak lainnya.

Artikel Terkait

Usaha Ternak Hamster Untuk Mahasiswa
4/ 5
Oleh