Tips Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Kerja cerdas | Berwirausaha memang menjadi sebuah jalan menuju kesuksesan. Dengan wirausaha , kita tak perlu menggantungkan diri kepada orang lain. Jika Anda ingin memulai wirausaha , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu langkah-langkah atau cara dalam membuat proposal usaha.
Membuat proposal perjuangan memang tidak menjadi sebuah kewajiban bagi tiap wirausahawan. Namun , bagi para wirusahawan yang membutuhkan sumbangan dalam hal pendanaan atau sumbangan yang lain , maka membuat proposal menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan.

Cara membuat proposal perjuangan yang baik dan benar

Biasanya , proposal diajukan kepada pemilik modal yang akan meminjamkan uangnya sebagai modal perjuangan kita. Bisa berupa Bank , instansi pemerintah , atau perseorangan. Agar proposal yang kita buat menerima persetujuan atau “Acc” dari pihak pemberi modal , maka proposal harus dibuat sebaik dan semeyakinkan mungkin.

Berikut ini beberapa cara membuat proposal perjuangan yang baik supaya pengajuan dana atau sumbangan lainnya mampu menerima persetujuan.

1. Penulisan yang Baik
Agar mudah dibaca dan dicerna , penulisan harus dilakukan dengan baik dan rapi. Penulisan menjadi hal yang krusial alasannya yaitu kalau salah tulis atau menulis seenaknya sendiri , bukan tidak mungkin pembaca malas untuk melihat isi proposal kita. Pemilihan kata dan kalimat juga harus sempurna supaya pembaca pribadi menangkap isi atau pesan yang ingin disampaikan. Dengan begitu , proposal yang diajukan mampu dibaca dari awal hingga akhir.

2. Tujuan yang Jelas
Dalam menulis proposal pengajuan dana atau sumbangan , hendaklah menulis maksud dan tujuan dengan jelas. Misalnya , kita ingin membuat proposal untuk pengajuan dana sumbangan kepada Bank. Dari episode Pendahuluan hingga penutup , jangan sungkan untuk terus mencantumkan kalimat yang menunjukkan gosip terhadap tujuan kita mengajukan proposal. Jangan bertele-tele , dan gunakan kalimat yang ringkas dan juga lugas.

3. Rincian
Jika mengajukan proposal untuk pengajuan sumbangan dana untuk perjuangan kita , wajib hukumnya untuk mencantumkan rincian dana yang kita minta. Misalnya kita mengajukan proposal untuk perjuangan ternak ikan Lele. Buatlah rincian dana mulai dari bibit , pakan ikan Lele , peralatan panen , hingga peralatan yang lainnya. Dengan rinician yang terang , Bank atau intansi pemerintah kawasan kita mengajukan proposal akan lebih mudah memahami proposal perjuangan kita.

4. Deskripsi
Deskripsi dari perjuangan kita juga menjadi salah satu hal terpenting dalam mengajukan proposal. Bank atau intansi pemerintah akan menilai apakah perjuangan kita itu layak atau tidak untuk diberi sumbangan salah satunya lewat deskripsi perjuangan yang kita cantumkan. Tulislah deskripsi perjuangan kita dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Jangan berlebihan dalam deskripsi perjuangan alasannya yaitu pihak Bank atau intansi pemerintah tentu akan melaksanakan pemeriksaan lapangan. Akan lebih baik kalau deskripsi perjuangan juga diberi foto atau gambar pendukung lainnya. Dengan begitu , proposal yang diajukan mampu tembus.

Demikian tadi beberapa langkah-langkah atau cara membuat proposal usaha yang baik dan benar. Pengajuan proposal perjuangan harus diperhatikan alasannya yaitu hal ini menjadi tonggak awal dari keberhasilan kita dalam berwirausaha.

Artikel Terkait

Tips Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh