Kerja cerdas | Tips Usaha ~ Pembeli ialah raja. Customer is the king , begitulah hokum dalam berbisnis. Jika seorang karyawan memiliki atasan berjulukan “bos’ “direktur” atau “pimpinan” , dalam urusan ekonomi , seorang pengusaha memiliki banyak atasan berjulukan pelanggan atau pembeli. Ya , tidak dapat dipungkiri bahwa nyawa urusan ekonomi anda ada pada kepuasan pelanggan.
Seperti yang kita tahu bersama , bahwa dalam urusan ekonomi , setidaknya memiliki peran utama atau fungsi pokok yaitu memenuhi kebutuhan pembeli. Seorang pebisnis sejati selalu tahu bagaimana mememenuhi kebutuhan pembeli baik itu bersifat material maupun bersifat non material berupa pelayanan dan penghormatan kepada pelanggan.
Agar bisnis anda berjalan dengan lancar dan dapat semakin berkembang ada baiknya anda mulai mengenali pembeli anda. Dengan mengenali pembeli anda berarti anda berusaha untuk mengenali target pasar yang sedang anda bidik. Jika anda ialah seorang pengusaha yang bergerak di bidang tekstil maka anda harus paham betul siapa yang anda bidik , apakah perusahaan pembuat baju , atau kah anda ialah seorang penjahit atau pemilik konveksi yang menargetkan pasar pada anak – anak dan remaja.
Ketika anda menargetkan pasar untuk anak anak anda harus tahu bagaimana kondisi anak – anak , misalnya anak anak suka dengan tokoh – tokoh kartun , maka anda harus sigap dalam mengenali tokoh kartun yang sedang menjadi demam isu anak masa kini. Berbeda dengan remaja , biasanya mereka menggandakan pola atau jenis pakaian yang sering di pakai oleh artis idolanya.
Berbeda dengan anak anak dan remaja , kalau anda membidik pasar untuk ibu – ibu maka anda harus pahami bahwa keserasian warna , dan segi harga menjadi tolak ukur yang seringkali dijadikan teladan dalam memilih suatu barang. Untuk laki – laki pandai balig cukup akal biasanya melihat pada segi kegagahan , dan bersifat resmi.
Mengenali calon pembeli juga dapat dilihat dari segi kemampuan ekonomi dan pendidikan masyarakatnya. Anda tentu tidak dibenarkan membuka diskotek di sebuah desa terpencil , pun sebaliknya anda akan sepi pembeli ketika anda menjual barang barang yang ‘ndeso’ ditempat elit yang didalamnya terdapat banyak kalangan elit atas.
Kemampuan mengenali dan membaca pembeli anda akan menuntun anda kepada bagaimana menentukan taktik promosi terbaik untuk urusan ekonomi anda , tak hanya itu , dengan mengenali pembeli anda , anda akan lebih bisa fokus kepada apa yang anda lakukan , sehingga business plan yang anda susun lebih tertata. Untuk itulah , ketika anda ingin memulai perjuangan , kenali dahulu pembeli mana yang ingin anda jadikan sebagai target pasar. Selain itu , anda juga harus selalu up to date atas perkembangan dunia ketika ini terlebih yang berkaitan dengan dunia fashion.
Saya yakin , kalau anda bisa mengenali pembeli anda maka bukan tidak mungkin kalau perjuangan anda semakin berkibar dan maju. Semoga saja artikel singkat ini dapat membantu anda dalam berbagi urusan ekonomi anda , apapun bisnisnya harus selalu anda ingat bahwa kesuksesan urusan ekonomi terletak dari kepuasan pelanggan alasannya ialah kepuasan pelanggan ialah harga mati bagi kesuksesan seorang pengusaha.
Tips Memulai perjuangan bagi pemula
Seperti yang kita tahu bersama , bahwa dalam urusan ekonomi , setidaknya memiliki peran utama atau fungsi pokok yaitu memenuhi kebutuhan pembeli. Seorang pebisnis sejati selalu tahu bagaimana mememenuhi kebutuhan pembeli baik itu bersifat material maupun bersifat non material berupa pelayanan dan penghormatan kepada pelanggan.
Agar bisnis anda berjalan dengan lancar dan dapat semakin berkembang ada baiknya anda mulai mengenali pembeli anda. Dengan mengenali pembeli anda berarti anda berusaha untuk mengenali target pasar yang sedang anda bidik. Jika anda ialah seorang pengusaha yang bergerak di bidang tekstil maka anda harus paham betul siapa yang anda bidik , apakah perusahaan pembuat baju , atau kah anda ialah seorang penjahit atau pemilik konveksi yang menargetkan pasar pada anak – anak dan remaja.
Ketika anda menargetkan pasar untuk anak anak anda harus tahu bagaimana kondisi anak – anak , misalnya anak anak suka dengan tokoh – tokoh kartun , maka anda harus sigap dalam mengenali tokoh kartun yang sedang menjadi demam isu anak masa kini. Berbeda dengan remaja , biasanya mereka menggandakan pola atau jenis pakaian yang sering di pakai oleh artis idolanya.
Berbeda dengan anak anak dan remaja , kalau anda membidik pasar untuk ibu – ibu maka anda harus pahami bahwa keserasian warna , dan segi harga menjadi tolak ukur yang seringkali dijadikan teladan dalam memilih suatu barang. Untuk laki – laki pandai balig cukup akal biasanya melihat pada segi kegagahan , dan bersifat resmi.
Mengenali calon pembeli juga dapat dilihat dari segi kemampuan ekonomi dan pendidikan masyarakatnya. Anda tentu tidak dibenarkan membuka diskotek di sebuah desa terpencil , pun sebaliknya anda akan sepi pembeli ketika anda menjual barang barang yang ‘ndeso’ ditempat elit yang didalamnya terdapat banyak kalangan elit atas.
Kemampuan mengenali dan membaca pembeli anda akan menuntun anda kepada bagaimana menentukan taktik promosi terbaik untuk urusan ekonomi anda , tak hanya itu , dengan mengenali pembeli anda , anda akan lebih bisa fokus kepada apa yang anda lakukan , sehingga business plan yang anda susun lebih tertata. Untuk itulah , ketika anda ingin memulai perjuangan , kenali dahulu pembeli mana yang ingin anda jadikan sebagai target pasar. Selain itu , anda juga harus selalu up to date atas perkembangan dunia ketika ini terlebih yang berkaitan dengan dunia fashion.
Saya yakin , kalau anda bisa mengenali pembeli anda maka bukan tidak mungkin kalau perjuangan anda semakin berkibar dan maju. Semoga saja artikel singkat ini dapat membantu anda dalam berbagi urusan ekonomi anda , apapun bisnisnya harus selalu anda ingat bahwa kesuksesan urusan ekonomi terletak dari kepuasan pelanggan alasannya ialah kepuasan pelanggan ialah harga mati bagi kesuksesan seorang pengusaha.
Tips Usaha: Pentingnya Mengenali Calon Pembeli Anda
4/
5
Oleh
Anonim